Bplus

Bplus

Rabu, 03 April 2019

Akhir Bulan Maret


                                                                    foto by: @naqiyyahsyam

Assalamualaikum warhamatullahi wabarakatuh 

Minggu, 31 maret 2019 adalah menjadi hari akhir di bulan maret. Yang itu artinya besok senin sudah masuk di bulan April. Ada cerita menarik yang ingin saya sampaikan disini terkait tentang kegiatan saya di akhir bulan maret. 



Tepat pukul 13.00 wib, saya bersama kawan-kawan relawan demokrasi berbasis warga net mengikuti workshop yang di adakan oleh tapis bloger di EATBOSS CAFE. 
Kurang lebih selama 4 jam kita berada disana, untuk sekedar berdiskusi tentang masalah isu pemilu pilpres 2019. Yak, benar sekali bahwa pemilu pilpres dan calon legislatif lainnya sudah tinggal menghitung hari lagi, dan yang pasti kawan-kawan sudah paham bukan tentang itu. 

Oke guys, perkenalannya cukup ya. 
Saya disini akan sedikit berbagi tentang diskusi yang kemarin saya ikuti, karena salah banyak diantara kalian pasti tidak tahu apa aja sih yang sudah kita bicarakan disana. 

Workshop dan kompetisi jurnalistik dengan tema "Bagaimana jurnalis warga net meliput isu pemilu pilpres 2019". materi yang pertama disampaikan oleh mba fadila sari sebagai salah satu anggota dari KPU Bandar Lampung. adapun materi yang beliau sampaikan adalah terkait tentang betapa sangat pentingnya dunia pers guna memengaruhi sikap atau prilaku seseorang terkait sesuatu. Contohnya adalah pers memberitakan bahwa "siang ini adalah malam, dan malam ini adalah siang, maka publik akan mempercayainya" (Bustofa Bisri). Mba ila panggilan akrabnya pun memberikan contoh lima surat suara yang akan kita pilih nanti di tanggal 17 April 2019 mendatang. 

Dan tepat di hari rabu, tanggal 3 april 2019, lagi dan lagi KPU Bandar Lampung melakukan simulasi tentang cara pencoblosan di Seraton Hotel. 
Tanggal 6 April nanti ada konser Pemilu dan tanggal 7 April nya KPU mengadakan Pemilu RUN yang akan star dari taman gajah menuju gedung sumpah pemuda dan kembali lagi ke taman gajah. 
Mba ila pun menghimbau kepada seluruh teman-teman yang hadir untuk turut serta dalam setiap kegiatan dalam menyongsong pesta demokrasi ini. Dan semoga dengan padatnya agenda tersebut akan bisa mengurangi ke golputan masyarakat.

Materi teakhir disampaikan oleh dosen ketjeh nan rupawan, heehehe
Adian Saputra yang sudah tidak asing lagi namanya dikalangan jurnalistik maupun pegiat sosial media lainnya. 
Kalimat yang pertama kali beliau sampaikan begitu menusuk relung hatiku yang paling dalam "Dunia ini gak keras, cuma kitanya aja yang lemah". Yes, tepat sekali. 
Kita begitu lemah untuk menjalani kehidupan di dunia ini, apalagi di akhirat, alaaamaak pasti akan berat sekali. 
Bang adian begitulah kita menyapanya menyampaikan tentang praktik dilapangannya bagaimana seorang jurnalis atau bloger dalam meliput dan memberitakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar. 
Adapun demikian, terdapat beberapa point yang menurut saya sangat membantu bagi seorang jurnalis pemula dan wajib banget saya share di sini, agar kalian semua juga bisa mengambil contekan dari sini, heehhe.

Beberapa kriteria yang harus kita perhatikan untuk menuliskan sebuah berita
- Baru
- Penting
- Menarik

Benar sekali, salah satu coretan ini ada disalah satu kriteria tersebut,menurutku sih baru dan penting ya, karena sebelumnya saya tidak tahu tentang itu semua. jadi, kesimpulannya adalah, INGAT !!! 17 APRIL 2019 otw ke TPS setempat. 

oh iya, jangan lupa juga tgl 17 April ada lomba selfi di TPS lho, TPS lho ya, bukan bilik suara, hahahaa 
Caranya foto selfi diri dan upload di Media sosial yang kamu punya, dan tag @KPU_Bandar Lampung atau KPU yang ada di daerah kalian masing-masing.. 

Cukup sekian terimakasih ,
terus semangat memperbaiki diri,
dan selalu libatkan Allah dalam segala urusan, 
aamiin
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JAWARA INTERNET SEHAT LAMPUNG ADAKAN WORKSHOP LITERASI DIGITAL “HOAX BUSTING DAN LITERASI PRIVACY MELALUI BLOG” DI ITBA DCC BANDAR LAMPUNG

  JAWARA INTERNET SEHAT LAMPUNG ADAKAN WORKSHOP LITERASI DIGITAL “HOAX BUSTING DAN LITERASI PRIVACY MELALUI BLOG” DI ITBA DCC BANDAR LAMPUNG...